Tips Cerdas Mencegah Jerawat

Cegah Jerawat Sebelum Meledak
Seperti yang diketahui, jerawat merupakan masalah yang sangat mengganggu terutama bagi mereka yang mengutamakan penampilan. Pasalnya jerawat membuat wajah menjadi tidak bersih dan terkesan kotor. Daripada mengatasi, lebih baik mencegah jerawat bukan? Sama halnya dengan mencegah penyakit berbahaya lainnya, mencegah timbulnya jerawat sangatlah penting. Jerawat memang bisa muncul kapan saja, tapi yang paling penting adalah Anda mengetahui cara-cara dalam mencegahnya.

Tips cerdas pertama yang perlu Anda lakukan untuk mencegah munculnya jerawat adalah rajin membersihkan wajah. Jerawat muncul bisa disebabkan karena wajah yang kotor dan berdebu. Sehingga pori-pori dalam kulit tersumbat dan membuat bakteri penyebab jerawat berkembang biak. Maka dari itu, rajin membersihkan wajah minimal dua kali dalam sehari adalah penting. Sebaiknya bersihkan wajah saat mandi dan sebelum tidur. Selain memastikan bahwa wajah bersih dari debu dan kotoran, pastikan pula kebersihan handuk yang dipakai. Jangan sampai Anda memakai handuk yang kotor karena dapat menimbulkan jerawat.

Tips cerdas lainnya adalah mengurangi pemakaian make up. Sebaiknya, Anda hindari pemakaian make up berlebih terutama yang memiliki banyak kandungan kimia. Make up yang tebal membuat pori-pori pada wajah tertutup sehingga proses regenerasi yang seharusnya dilakukan dengan baik justru terganggu. Bersihkan wajah setiap selesai memakai make up. Kemudian, jangan memakai make up yang tidak teruji secara klinis oleh BPOM. Ingat, lebih baik mahal daripada murah tapi membahayakan.

Tips mencegah jerawat selanjutnya adalah rutin menggunakan masker alami. Ada banyak sekali bahan alami yang bisa dipakai sebagai masker. Beberapa diantaranya adalah buah pepaya, buah pisang, alpukat, bengkoang dan lain sebagainya. Menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami, jauh lebih aman dibandingkan memakai cream penghilang jerawat yang berasal dari bahan kimia.

Tips yang terakhir adalah jangan terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan, apalagi jika tangan Anda kotor. Sebab hal tersebut dapat memicu munculnya jerawat. Jika tangan Anda sudah dirasa bersih, barulah bisa menyentuh area wajah. Selain itu, jangan pula memencet jerawat sebab akan menyebabkan bekas yang cukup sulit untuk dihilangkan. Demikian ulasan mengenai tips cerdas mencegah jerawat, semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

 

Kak Salma Template by Ipietoon Cute Blog Design